Thursday, 13 July 2023 17:28

Cara Penggunaan Fire Extinguisher Panduan Lengkap untuk Keselamatan dan Pertumbuhan | STARVVO Fire Extinguisher

Written by
Rate this item
(0 votes)
STARVVO Fire Extinguisher STARVVO Fire Extinguisher Image by https://www.starvvo.com/

Kebakaran dapat terjadi dengan cepat dan membahayakan nyawa serta merusak properti berharga. Untuk melindungi diri dan aset Anda, penting untuk memahami cara penggunaan fire extinguisher dengan benar.

Dalam panduan ini, kami akan membahas langkah-langkah penting yang perlu Anda ketahui untuk menggunakan alat pemadam api dengan efektif. Dengan mempelajari teknik-teknik ini, Anda akan meningkatkan tingkat keselamatan dan secara positif mempengaruhi pertumbuhan pendapatan Anda.

Mengenal Fire Extinguisher dan Fungsinya

Sebelum kita membahas cara penggunaannya, mari kita kenali terlebih dahulu fire extinguisher dan fungsinya dalam memadamkan api. Fire extinguisher merupakan alat yang dirancang khusus untuk memadamkan kebakaran kecil sebelum mereka menjadi lebih besar dan tidak terkendali. Alat ini bekerja dengan mengeluarkan bahan pemadam api yang dapat meredam panas dan memutus rantai reaksi pembakaran.

Jenis-jenis Fire Extinguisher

Fire extinguisher memiliki berbagai jenis yang masing-masing dirancang untuk mengatasi jenis kebakaran tertentu dengan efektif. Memahami berbagai jenis fire extinguisher yang tersedia sangat penting untuk memilih yang tepat berdasarkan bahaya kebakaran yang mungkin Anda hadapi. Mari kita jelajahi empat jenis fire extinguisher umum: foam (busa), dry chemical powder (bubuk kimia kering), CO2, dan clean agent.

Fire Extinguisher dengan Busa (Foam)

Fire Extinguisher dengan Busa (Foam)

Fire extinguisher dengan busa, juga dikenal sebagai AFFF (Aqueous Film-Forming Foam), efektif untuk mengatasi kebakaran kelas A dan kelas B. Kebakaran kelas A melibatkan bahan yang mudah terbakar seperti kayu, kertas, dan kain, sedangkan kebakaran kelas B melibatkan cairan mudah terbakar seperti bensin, minyak, dan cat. Fire extinguisher dengan busa bekerja dengan cara menutupi kebakaran dan menekan pelepasan uap yang mudah terbakar, mencegah terjadinya penyalakan kembali.

Fire extinguisher ini mengandung campuran air dan konsentrat busa. Ketika dikeluarkan, busa membentuk selimut di atas api, mendinginkan nyala api, dan mencegah oksigen mencapai sumber bahan bakar. Fire extinguisher dengan busa umumnya ditemukan di kantor, sekolah, dan area perumahan.

Learn More
Fire Extinguisher dengan Bubuk Kimia Kering (Dry Chemical Powder)

Fire Extinguisher dengan Bubuk Kimia Kering (Dry Chemical Powder)

Fire extinguisher dengan bubuk kimia kering adalah jenis yang serbaguna dan cocok untuk memadamkan kebakaran kelas A, kelas B, dan kelas C. Kebakaran kelas C melibatkan peralatan listrik. Fire extinguisher ini menggunakan bubuk kimia kering, seperti monoammonium fosfat atau natrium bikarbonat, untuk mengganggu reaksi kimia dari kebakaran.

Ketika bubuk tersebut dikeluarkan, ia membentuk awan yang memisahkan bahan bakar dari oksigen, secara efektif memadamkan kebakaran. Fire extinguisher dengan bubuk kimia kering banyak digunakan di lingkungan komersial, industri, dan perumahan karena keefektifannya dalam mengatasi berbagai bahaya kebakaran.

Learn More
Fire Extinguisher dengan Gas Karbondioksida (CO2)

Fire Extinguisher dengan Gas Karbondioksida (CO2)

Fire extinguisher dengan CO2 dirancang terutama untuk memadamkan kebakaran kelas B dan kelas C, termasuk kebakaran yang melibatkan cairan mudah terbakar dan peralatan listrik. Fire extinguisher ini mengandung karbon dioksida dalam bentuk cair, yang dilepaskan sebagai gas saat digunakan.

Ketika CO2 dilepaskan, ia menggantikan oksigen, menciptakan suasana yang tidak aktif yang menyebabkan kebakaran mati. Fire extinguisher dengan CO2 tidak meninggalkan residu atau merusak peralatan listrik, sehingga cocok digunakan di laboratorium, ruang server, dan area dengan elektronik sensitif.

Learn More
Fire Extinguisher dengan Agen Pembersih (Clean Agent)

Fire Extinguisher dengan Agen Pembersih (Clean Agent)

Fire extinguisher dengan agen pembersih menggunakan agen pemadam khusus, seperti pengganti Halon atau agen berbasis halokarbon, untuk menekan kebakaran tanpa meninggalkan residu. Fire extinguisher ini efektif untuk mengatasi kebakaran kelas B dan kelas C. Mereka bekerja dengan mengganggu reaksi kimia dari kebakaran dan menghilangkan unsur panas.

Fire extinguisher dengan agen pembersih umumnya digunakan di ruang server, pusat data, museum, dan arsip di mana peralatan sensitif, aset berharga, atau bahan yang tak tergantikan berada.

Learn More

Dalam kesimpulan, memilih jenis fire extinguisher yang tepat sangat penting untuk memadamkan kebakaran dengan efektif. Fire extinguisher dengan busa cocok untuk kebakaran kelas A dan kelas B, sementara fire extinguisher dengan bubuk kimia kering serbaguna dan dapat mengatasi kebakaran kelas A, kelas B, dan kelas C.

Fire extinguisher dengan CO2 ideal untuk kebakaran kelas B dan kelas C yang melibatkan peralatan listrik, dan fire extinguisher dengan agen pembersih dirancang untuk digunakan di area dengan peralatan sensitif dan bahan berharga. Memahami jenis-jenis ini akan membantu Anda membuat keputusan yang tepat dan meningkatkan keselamatan terkait kebakaran di berbagai lingkungan.

Langkah-langkah Penggunaan Fire Extinguisher

Sekarang, mari kita bahas langkah-langkah penting yang harus Anda ikuti ketika menggunakan fire extinguisher. Mengingat bahwa kecepatan bertindak sangat penting dalam situasi kebakaran, familiarisasi dengan langkah-langkah ini akan memberi Anda keunggulan dalam memadamkan api dengan cepat dan efektif.

Langkah 1: Evaluasi Keamanan Pribadi dan Lingkungan

Sebelum Anda memulai penggunaan fire extinguisher, pastikan untuk mempertimbangkan keamanan pribadi Anda dan memeriksa apakah lingkungan sekitar aman untuk melakukan tindakan ini. Pastikan Anda berada dalam jarak yang aman dari api dan memerhatikan arah angin.

Langkah 2: Periksa Fire Extinguisher

Sebelum menggunakannya, periksa terlebih dahulu fire extinguisher untuk memastikan bahwa ia berada dalam kondisi yang baik dan siap digunakan. Periksa tanggal kedaluwarsa dan pastikan tekanan dalam tabung sesuai dengan yang disarankan.

Langkah 3: Pahami PASS

PASS adalah singkatan dari "Pull, Aim, Squeeze, Sweep". Ini adalah metode yang umum digunakan untuk menggunakan fire extinguisher dengan efektif.

starvvo fire extinguisher

Tarik Penutup Pengaman (Pull)

Tarik penutup pengaman pada fire extinguisher untuk mengaktifkannya. Ini biasanya berupa penutup atau segel yang melindungi tuas pemadam api.

starvvo fire extinguisher

Bidik Pangkal Api (Aim)

Arahkan fire extinguisher ke pangkal api, bukan pada api itu sendiri. Ini akan memastikan pemadaman api yang efektif dengan menghentikan sumbernya.

starvvo fire extinguisher

Tekan Tuas (Squeeze)

Tekan tuas pada fire extinguisher untuk melepaskan bahan pemadam api. Pastikan Anda menggunakannya dengan tenaga yang cukup untuk memberikan tekanan yang tepat.

starvvo fire extinguisher

Lakukan Gerakan Menyapu (Sweep)

Lakukan gerakan menyapu dari sisi ke sisi dengan fire extinguisher. Ini akan memastikan pemadaman api yang merata dan efektif.

Langkah 4: Kendalikan Api

Setelah Anda mengikuti langkah-langkah di atas, perhatikan dengan seksama untuk melihat apakah api benar-benar terkendali. Jika tidak, segera lakukan langkah-langkah penggunaan fire extinguisher kembali atau minta bantuan dari petugas pemadam kebakaran.

Menggunakan fire extinguisher dengan benar adalah keterampilan yang sangat penting untuk meningkatkan keselamatan Anda dan pertumbuhan pendapatan. Dalam panduan ini, kami telah menjelaskan berbagai jenis fire extinguisher dan langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk penggunaannya.

Ingatlah untuk selalu memeriksa fire extinguisher secara berkala dan mengikuti pelatihan kebakaran yang sesuai. Dengan pengetahuan ini, Anda akan siap untuk menghadapi situasi kebakaran dengan percaya diri dan melindungi diri serta orang-orang di sekitar Anda.

starvvo fire extinguisher
starvvo fire extinguisher
starvvo fire extinguisher
starvvo fire extinguisher
Read 164 times Last modified on Thursday, 13 July 2023 18:30
Anwar Arifin

Penulis adalah Co-founder PT. Global Mitra Proteksindo dan menjalani kegiatan rutin sebagai Online Marketing & Sales Manager  sejak Tahun 2009 sampai sekarangSenang menggeluti dunia Digital & Internet Marketing dan E-Commerce Business Content Strategy. Ingin berbagi pengalaman, pengetahuan dan informasi produk aktual dalam bidang Proteksi dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran serta Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Membantu Anda memberi referensi pilihan Produk Terbaik dan Data Komprehensif atas kebutuhan dalam Perencanaan dan Aplikasi Standarisasi Manajemen Mutu Program K3 pada Teamwork, Aset, Perusahaan atau Usaha Anda khususnya dalam Survey, Design, Instalasi, Penyediaan dan Training Alat Proteksi Kebakaran baik Alat Pemadam Api Manual maupun Sistem Otomatis ;  Fire Alarm, Fire Hydrant System, Safety Equipment / PPE, Kitchen Protection System dan FM200 Fire Suppression System.

Anwar Arifin 
Konsultasi /
 WA 087780893852
Direct Call 081385230013

PT. Global Mitra Proteksindo
Komp. Taman Palem Mutiara
Cengkareng, Jakarta Barat
Office: 021-5433 1863
Fax. 54355904
Emailanwar@gmpro.id

 

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Showroom & Marketing

JAKARTA

Komp. Perkantoran Mutiara Taman Palem
Blok. A15, No. 27-28
Cengkareng, Jakarta Barat 11730
Contact :
Whatsapp : 0877 8089 3852

Office : 021-5433 1863 / 021-5435 3513

Showroom & Marketing

  Komp. Ruko Mutiara Taman Palem
Blok. A15, No. 27-28
Cengkareng, Jakarta Barat 11730

021-5433 1863 / 021-5435 3513

  +62 813 8523 0013

Jl. Tropong No. 4

Nusa Dua Selatan

Bali, Indonesia

+62 812 370 151 51

Branch & Workshop

BALI

Jl. Tropong No. 4 Nusa Dua Selatan
Bali, Indonesia
Contact : 
Phone : +62 812 370 151 51
Office : 0361 3614 0417

Factory & Workshop

TANGERANG

Jl. AMD Manunggal No. 99
Cadas, Lebak Wangi
Sepatan, Tangerang
Banten 15520
+6221 5937 1000

Factory & Workshop

  Jl. AMD Manunggal No. 99
Cadas, Lebak Wangi, Sepatan.
Tangerang, Banten 15520
  +6221 5937 1000

Jl. Tropong No. 4

Nusa Dua Selatan

Bali, Indonesia

+6281 237 015 151