Tuesday, 02 May 2023 14:34

Apakah APAR Bisa Kadaluarsa? | STARVVO Fire Extinguisher

Written by
Rate this item
(0 votes)
STARVVO Fire Extinguisher STARVVO Fire Extinguisher Image by https://www.starvvo.com/
STARVVO Fire Extinguisher

Fire extinguisher adalah alat penting untuk mencegah dan memadamkan kebakaran baik di lingkungan perumahan maupun komersial. Mereka berguna dalam situasi darurat, tetapi banyak orang mungkin tidak tahu bahwa fire extinguisher memiliki umur simpan. Seiring waktu, extinguisher dapat kehilangan efektivitasnya dan mungkin tidak berfungsi dengan benar saat Anda sangat membutuhkannya.

Ini menimbulkan pertanyaan: bisakah extinguisher kedaluwarsa? Jawaban singkatnya adalah ya, tetapi tanggal kedaluwarsa dan alasan kedaluwarsa dapat bervariasi tergantung pada jenis extinguisher. Pada artikel ini, kita akan mengeksplorasi apakah extinguisher kedaluwarsa, mengapa mereka kedaluwarsa, dan apa yang harus Anda lakukan jika Anda memiliki extinguisher yang kedaluwarsa.

Fire Extinguisher Kadaluarsa

Fire extinguisher dapat kadaluarsa karena berbagai faktor, termasuk jenis fire extinguisher, bahan yang digunakan dalam konstruksinya, dan kondisi penyimpanan. Bahan kimia di dalam fire extinguisher dapat mengendap dan terpisah dari waktu ke waktu, membuat perangkat kurang efektif dalam memadamkan api. Selain itu, tekanan di dalam tabung dapat berkurang, sehingga lebih sulit untuk mengeluarkan isinya dengan benar.

Umur fire extinguisher dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti jenis fire extinguisher dan rekomendasi pabrik. Misalnya, fire extinguisher dry chemical powder biasanya memiliki umur 5-15 tahun, sedangkan fire extinguisher CO2 dapat bertahan hingga 20 tahun. Namun, penting untuk dicatat bahwa ini hanyalah pedoman umum dan bahwa umur dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kelembaban, suhu, dan paparan sinar matahari.

Menggunakan fire extinguisher kadaluarsa bisa berbahaya, karena mungkin tidak berfungsi dengan baik saat dibutuhkan. Dalam beberapa kasus, menggunakan fire extinguisher kadaluarsa bahkan dapat memperburuk api, karena bahan kimia di dalam tabung mungkin telah terdegradasi dan menjadi kurang efektif. Inilah sebabnya mengapa penting untuk secara teratur memeriksa dan memelihara fire extinguisher Anda dan menggantinya ketika kadaluarsa atau jika mereka menunjukkan tanda-tanda kerusakan atau keausan.

Singkatnya, fire extinguisher dapat kadaluarsa karena berbagai faktor dan dapat kehilangan efektivitasnya seiring waktu. Perawatan rutin dan penggantian fire extinguisher dapat membantu memastikan bahwa mereka berfungsi dengan baik dan dapat diandalkan jika terjadi kebakaran.

Masa Kadaluarsa Fire Extinguisher

STARVVO Dry Chemical Powder Fire Extinguisher
STARVVO Foam AFFF Fire Extinguisher
STARVVO CO2 Fire Extinguisher
STARVVO Clean Agent Fire Extinguisher

Kenapa Fire Extinguisher Bisa Kadaluarsa?

Fire extinguisher dapat kadaluarsa karena beberapa faktor, termasuk jenis alat pemadam, bahan yang digunakan dalam konstruksinya, dan kondisi penyimpanan.

Salah satu alasan utama mengapa fire extinguisher kadaluarsa adalah karena bahan kimia di dalam tabung dapat mengendap dan terpisah dari waktu ke waktu, membuat perangkat kurang efektif dalam memadamkan api. Misalnya, dalam fire extinguisher dry chemical powder, bubuk di dalam tabung dapat mengendap dan mengeras, sehingga sulit untuk dibuang dengan benar ketika alat pemadam digunakan. Seiring waktu, bahan kimia di dalam tabung juga dapat menurunkan dan kehilangan kemampuan mereka untuk memadamkan api secara efektif.

Faktor lain yang dapat berkontribusi pada berakhirnya fire extinguisher dry chemical powder adalah tekanan di dalam tabung. Tekanan dapat menurun seiring waktu, yang dapat membuatnya lebih sulit untuk mengeluarkan isinya dengan benar. Ini bisa menjadi masalah khusus dengan fire extinguisher CO2, karena mereka bergantung pada tekanan untuk membuang isinya.

Kondisi penyimpanan juga dapat berperan dalam berakhirnya fire extinguisher. Paparan suhu tinggi, kelembaban, dan sinar matahari semua dapat berkontribusi pada degradasi bahan kimia di dalam tabung, mengurangi efektivitasnya.

Secara keseluruhan, berakhirnya fire extinguisher adalah proses alami yang terjadi seiring waktu karena faktor-faktor yang disebutkan di atas. Penting untuk secara teratur memeriksa dan memelihara fire extinguisher Anda untuk memastikan bahwa mereka berfungsi dengan baik dan menggantinya ketika kadaluarsa atau menunjukkan tanda-tanda kerusakan atau keausan.

Langkah yang tepat saat Anda memiliki
fire extinguisher yang kadaluarsa

Jika Anda memiliki fire extinguisher yang kadaluarsa, penting untuk mengambil langkah-langkah yang tepat untuk memastikan bahwa Anda siap menghadapi potensi bahaya kebakaran. Berikut adalah beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan:

Periksa Tanggal kadaluarsa

Jika Anda tidak yakin apakah fire extinguisher Anda telah kadaluarsa, periksa label atau tag pada perangkat untuk tanggal kadaluarsa. Jika fire extinguisher telah melewati tanggal kadaluarsa, sekarang saatnya untuk menggantinya.

Buang Fire Extinguisher Dengan Benar

Anda tidak boleh membuang fire extinguisher yang sudah kadaluarsa di tempat sampah biasa, karena dapat berbahaya bagi lingkungan. Hubungi pemadam kebakaran setempat atau pusat pembuangan limbah berbahaya untuk mengetahui cara yang tepat untuk membuang fire extinguisher.

Ganti Fire Extinguisher

Jika Anda memiliki fire extinguisher yang kadaluarsa, Anda harus menggantinya sesegera mungkin. Periksa dengan toko perangkat keras lokal Anda atau pemasok peralatan keselamatan kebakaran untuk menemukan pengganti yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pertimbangkan Untuk Meningkatkan

Jika Anda mengganti fire extinguisher yang kadaluarsa, pertimbangkan untuk meningkatkan ke model yang lebih baru yang mungkin memiliki fitur yang lebih baik, seperti masa pakai yang lebih lama, perawatan yang lebih mudah, atau kinerja yang lebih baik dalam jenis kebakaran tertentu.

Secara teratur memeriksa dan
memelihara fire extinguisher Anda

Untuk memastikan bahwa fire extinguisher Anda selalu dalam kondisi kerja yang baik, Anda harus secara teratur memeriksa mereka untuk tanda-tanda kerusakan, keausan, atau kadaluarsa. Anda juga harus mengikuti instruksi pabrik untuk pemeliharaan dan servis untuk memastikan bahwa mereka selalu siap digunakan jika terjadi keadaan darurat.

Singkatnya, jika Anda memiliki fire extinguisher yang kadaluarsa, penting untuk membuangnya dengan benar dan menggantinya sesegera mungkin. Secara teratur memeriksa dan memelihara fire extinguisher Anda dapat membantu memastikan bahwa mereka selalu dalam kondisi kerja yang baik dan siap digunakan jika terjadi kebakaran.

Vendor Fire Extinguisher Portable di Jakarta

Ketika Anda membeli fire extingusiher di Starvvo, Anda dapat yakin bahwa Anda mendapatkan produk berkualitas yang dibangun untuk bertahan lama. Fire extinguisher kami diproduksi oleh merek-merek top di industri, dan dirancang untuk memenuhi semua standar dan peraturan keselamatan yang relevan. Setiap fire extinguisher dilengkapi dengan label atau tag yang menunjukkan umur dan tanggal kedaluwarsa yang direkomendasikan pabrik, sehingga Anda dapat yakin bahwa Anda membeli produk yang akan efektif jika terjadi kebakaran.

Selain itu, kami menawarkan berbagai macam fire extinguisher yang sesuai dengan berbagai jenis kebakaran, dari fire extinguisher dry chemical powder untuk kebakaran Kelas A, B, dan C, hingga fire extinguisher CO2 untuk kebakaran listrik. Dengan membelifire extinguisher di Starvvo, Anda dapat memastikan bahwa Anda mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi rumah atau bisnis Anda dari bahaya kebakaran, dan bahwa Anda mendapatkan produk yang akan bertahan selama bertahun-tahun yang akan datang.

STARVVO Fire Extinguisher
STARVVO Fire Extinguisher
STARVVO Refill Fire Extinguisher
STARVVO Portable Fire Extinguisher
STARVVO Trolley Fire Extinguisher
STARVVO Trolley Fire Extinguisher
Read 262 times Last modified on Tuesday, 02 May 2023 18:43
Anwar Arifin

Penulis adalah Co-founder PT. Global Mitra Proteksindo dan menjalani kegiatan rutin sebagai Online Marketing & Sales Manager  sejak Tahun 2009 sampai sekarangSenang menggeluti dunia Digital & Internet Marketing dan E-Commerce Business Content Strategy. Ingin berbagi pengalaman, pengetahuan dan informasi produk aktual dalam bidang Proteksi dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran serta Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Membantu Anda memberi referensi pilihan Produk Terbaik dan Data Komprehensif atas kebutuhan dalam Perencanaan dan Aplikasi Standarisasi Manajemen Mutu Program K3 pada Teamwork, Aset, Perusahaan atau Usaha Anda khususnya dalam Survey, Design, Instalasi, Penyediaan dan Training Alat Proteksi Kebakaran baik Alat Pemadam Api Manual maupun Sistem Otomatis ;  Fire Alarm, Fire Hydrant System, Safety Equipment / PPE, Kitchen Protection System dan FM200 Fire Suppression System.

Anwar Arifin 
Konsultasi /
 WA 087780893852
Direct Call 081385230013

PT. Global Mitra Proteksindo
Komp. Taman Palem Mutiara
Cengkareng, Jakarta Barat
Office: 021-5433 1863
Fax. 54355904
Emailanwar@gmpro.id

 

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Showroom & Marketing

JAKARTA

Komp. Perkantoran Mutiara Taman Palem
Blok. A15, No. 27-28
Cengkareng, Jakarta Barat 11730
Contact :
Whatsapp : 0877 8089 3852

Office : 021-5433 1863 / 021-5435 3513

Showroom & Marketing

  Komp. Ruko Mutiara Taman Palem
Blok. A15, No. 27-28
Cengkareng, Jakarta Barat 11730

021-5433 1863 / 021-5435 3513

  +62 813 8523 0013

Jl. Tropong No. 4

Nusa Dua Selatan

Bali, Indonesia

+62 812 370 151 51

Branch & Workshop

BALI

Jl. Tropong No. 4 Nusa Dua Selatan
Bali, Indonesia
Contact : 
Phone : +62 812 370 151 51
Office : 0361 3614 0417

Factory & Workshop

TANGERANG

Jl. AMD Manunggal No. 99
Cadas, Lebak Wangi
Sepatan, Tangerang
Banten 15520
+6221 5937 1000

Factory & Workshop

  Jl. AMD Manunggal No. 99
Cadas, Lebak Wangi, Sepatan.
Tangerang, Banten 15520
  +6221 5937 1000

Jl. Tropong No. 4

Nusa Dua Selatan

Bali, Indonesia

+6281 237 015 151